Ad Hoc (peer to peer)

Pada postingan kali ini, kita akan membuat sebuah wireless (peer to peer).

Sistem Operasi yang digunakan kali ini adalah Windows 7 . Langkah-langkah membuat sebuah “ad hoc” (peer  to peer) adalah sebagai berikut :

1. Pertama – tama, buka Tab Control Panel, kemudian pilih Network and Internet.

2. Pilih Network and Sharing Center

3. Kemudian pilih set up a new connection or network. seperti dibawah ini :

4. Setelah itu, akan muncul beberapa buah pilihan. Scroll pilihan ke bawah dan pilih pilihan paling bawah (terakhir) yaitu : set up a wireless ad hoc (computer-to-computer) network (lingkaran Merah). Kemudian pilih Next.

5. Berikutnya, ditampilkan info tentang Ad Hoc Wireless. Klik next untuk melanjutkan proses pembuatan ad hoc.

6. Langkah selanjutnya adalah, isi nama wireless ad hoc pada kolom network name (nama boleh apa saja, terserah. Disini, kita menggunakan nama hera). Kemudian pilih security Type yang diinginkan (disini saya memilih No Authentication (Open), hal ini saya lakukan agar pada saat wireless ad hoc ingin di connect kan ke ad hoc yang lain, tidak memerluhkan password, tapi, apabila anda ingin menggunakan password pada ad hoc anda, maka bisa memilih pilihan WEP dan WPA2-Personal dan isikan password anda pada kolom security Key). Setelah itu, beri tanda centang pada save this network (bila ingin ad hoc anda permanen tapi, bila tidak diberi centang maka setelah komputer/laptop di matikan maka ad hoc akan hilang). Selanjutnya, klik Next.

7. Setalah anda mengklik tombol next, maka akan muncul proses setting up (pembuatan) ad hoc anda (seperti pada gambar). Silahkan tunggu beberapa saat, hingga prosesnya selesai (waktu menunggunya, ga lama koq, ga sampai membuat anda beranjak dari tempat duduk karena bosan… hehe)

8. Beberapa saat kemudian, setelah proses pembuatan ad hoc selesai, maka akan muncul pemberitahuan bila ad hoc wireless anda telah selesai dibuat (Akhirnya, J ). Pada tab tersebut akan ditampilkan nama ad hoc anda dan status network security anda. Kemudian klik tombol Close untuk keluar dari tab tersebut. Lihat gambar dibawah.

9. Tahap akhir dari pembuatan ad hoc adalah, mengecek apakah ad hoc tersebut benar-benar telah jadi. Caranya adalah : periksa taskbar pada bagian pojok kanan komputer/laptop anda. Apabila pada bagian wireless network connection terdapat/bertambah sebuah wireless dengan icon computer/laptop (dengan nama ad hoc anda) maka, Ad Hoc anda telah berhasil dan siap untuk digunakan (Seperti pada gambar berikut).

10. Selamat menikmati sharing-sharing data bersama teman dan siapapun dengan  Ad hoc yang telah anda buat 🙂

*di Koment ya 🙂 *

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s