Capcay ala Chef Heera

Hari ini niat masak capcay muncul lagi lebih tepatnya niat makan sie. Kebetulan pas jalan-jalan ke pasar mingguan gasibu beli kembang kol murah loh kembang kolnya, #promosi, pengen beli sawi putih juga sie tapi mikir lagi “ahh, ntr aja di Car*ef*ur sekalian belanja bulanan” jadi ya cuma beli kembang kol aja.


Nah, sampai di Car*ef*ur  setelah puyeng muter-muter #ngapain coba :-s  ternyata sawi putihnya ga ada ukuran kecil yang ada ukuran gede-gede segedebage 😀 . Terpaksa, daripada si kembang kol “menjanda” & berhubung wortelnya juga murah :D, wortel jadi pilihan deh. Sebenarnya pengen nambah in jenis sayuran lagi khan capcay = campuran berbagai sayuran tapi, karena uangnya ga cukup jadi, capcay kali ini cukup campuran antar 2 sayuran aja. Bahan-bahan yang lainnya seperti : minyak goreng, telur, bawang merah, saus sambel abjad & kecap serta garam “diasumsikan udah ada di kost an/rumah”.

Abies belanja & udah tiba di kost an juga Alhamdulillah dgn selamat, langsung deh ketahap yang paling inti “membuat capcay”. Tapi, belum juga mulai, ternyata oh ternyata bahan-bahan yang tadi “diasumsikan udah ada di kost an” ga lengkap 😦 cuma ada bawang merah, saus sambel abjad & kecap serta garam. Lah, terus minyak goreng & telur kemana?? Jawabannya adalah : di warung / belum beli ternyata 😀 . aduuuhaiiii numpang make istilah teman 😛  terpaksa harus lari ke warung terdekat buat beli bahan yang kurang.

Setelah melalui perjalanan panjang halahhhh akhirnya bahan-bahan masak capcay lengkap juga, bahan-bahannya terdiri dari rangkuman cerita awal :

  1. Sayuran Kembang Kol & Wortel ukuran 1 porsi
  2. Minyak goreng
  3. Telur 1 butir = 1 porsi
  4. Garam
  5. Bawang merah diiris tipis-tipis
  6. Saus sambel abjad & kecap
  7. Air
  8. Kompor & peralatan masak diasumsikan sudah tersedia 😛

Karena semua bahan telah tersedia,  mari kita mulai memasak capcaynya dengan step-step sebagai berikut assaii bahasanya 😀  :

  1. Pisahkan kembang kol dari batang dasarnya & jangan lupa potong-potong wortel #ukuran sesuai selera ya
  2. Cuci sayuran dengan air bersih ya iyalah
  3. Rebus air tunggu sampai mendidih kemudian masukkan sayuran #ingatt, sayuran aja.. berarti cuma 2 sejoli kembang kol & wortel dan rebus hingga 3 menit sampai sayurannya agak krenyes2,,hehe angkat dan tiriskan.
  4. Panaskan penggorengan/wajan, beri sedikit minyak goreng dan tumis bawang merah hingga tetangga anda nyium bau bawangnya harum.
  5. Pada tumisan bawang, masukkan telur dan aduk-aduk hingga campuran telur + bawang agak mengering kemudian tambahkan air secukupnya kuah capcay dan aduk-aduk lagi.
  6. Setelah campuran telur + bawang tadi mendidih, tambahkan saus sambel abjad, kecap dan garam #sesuai selera ya dan aduk-aduk lagi hingga bumbu merata ngaduk mlulu nie, capek tau 😛 .
  7. Masukkan sayuran yang telah ditiriskan di awal cerita kedalam kuah campuran bawang + telur & bumbu-bumbu tadi kemudian aduk lagiiii??? hingga merata.
  8. Matikan kompor kemudian angkat penggorengannya ha?? dan tuangkan capcay yang telah siap makan di sajikan ke dalam piring.
  9. Selamat Mencoba,
  10. Selamat Menikmati 🙂

Akhirnya, proses masak-memasak capcay hari ini selesai juga… nyam,nyam..Mari Makan 🙂

*saus sambel abjad = salah satu saus sambel dengan merek urutan abjad*

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s